Penyajian Koleksi Museum Sejarah dan Budaya Kota Malang

Authors

  • Indah Tjahjawulan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta
  • Adityayoga Gardjito Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36806/.v7i2.110

Keywords:

Malang, museum, desain museum, representasi, tata pamer, exhibition arrangement, museum design, representation

Abstract

Abstrak: Tata pamer atau penyajian koleksi menjadi bagian penting dalam menginformasikan atau memberikan edukasi bagi pengunjung pada sebuah museum. Tata pamer dapat menggambarkan atau menceritakan pesan dari sebuah museum. Kota Malang merupakan kota yang memiliki museum yang cukup banyak, baik museum yang dikelola oleh lembaga pemerintahan, maupun lembaga swasta dan atau milik pribadi. Terbanyak adalah museum yang memiliki koleksi berkaitan dengan sejarah dan budaya. Penelitian ini akan memetakan museum di Kota Malang, yang memiliki koleksi terkait kesejarahan dan budaya, selain itu narasi utama yang ingin disampaikan oleh museum tersebut, narasi kecil yang mendukung, dan kondisi tata pamer yang ada. Penelitian awal dilakukan dengan cara mendata seluruh museum yang ada, membuat klasifikasi jenis museum dan koleksi yang dimiliki, menentukan museum yang akan diteliti. Tiga (3) museum dengan koleksi yang berbeda menjadi sampel penelitian untuk dapat menemukan pola penyajian pada masing-masing museum. Memotret seluruh kondisi tata pamer yang meliputi alur, pemilihan artefak, penempatan, grafis pendukung, elemen pendukung dan tata cahaya. Analisis yang dilakukan adalah analisis visual dari seluruh unsur yang membangun tata pamer, dan mencari relevansinya dengan narasi besar maupun narasi kecil yang ingin disampaikan. Hasil penelitian diharapkan dapat memetakan pola-pola penyajian dan memberikan pemahaman bagaimana relevansi tata pamer, dengan wacana yang ingin disampaikan oleh sebuah museum.

Abstract: Exhibition arrangement becomes an important part of informing or educating visitors to a museum. Exhibition arrangement in a museum describes or conveys messages. Malang is a city that has a lot of museums that are managed by government agencies, corporates and privates. The themes of the museums in Malang mostly related to history and culture. This research will map the design of the museum's exhibition arrangement in Malang and also the the narrations of the exhibitions. Initial research is done by listing all the exhibition arrangements of the museums, making the classification of museum types and collections owned, and determining which museums to be studied. Analysis begun with taking picture of the the entire existing exhibitions and describing the concepts of the visitors walk flow, selection of artifacts, placement, supporting graphics, supporting elements and tata cahaya. The analysis is a Visual Analysis of all the elements that build the whole showroom and find its relevance to the narrations conveyed. The results are an understanding of how the relevance of the exhibition arrangements with the discourse to be conveyed by a museum.

Published

2021-07-10

How to Cite

Tjahjawulan, I. ., & Gardjito, A. (2021). Penyajian Koleksi Museum Sejarah dan Budaya Kota Malang. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 7(2), 87–106. https://doi.org/10.36806/.v7i2.110