PEMETAAN DESTINATION BRANDING KEPULAUAN SERIBU

Authors

  • Adityayoga Gardjito Fakultas Seni Rupa - Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36806/.v6i2.100

Keywords:

kepulauan seribu, destination branding, pariwisata, thousand Island, tourism

Abstract

Abstrak: Dengan meningkatnya industri pariwisata saat ini, maka terjadi kompetisi antar tempat tujuan wisata untuk menarik pendatang sebanyaknya, hal ini ditempuh dengan cara meningkatkan daya tariknya. Konsep dasar dari destination branding adalah menawarkan tempat-tempat tujuan wisata tersebut memiliki identitas yang berbeda dari tempat-tempat lainnya. Penciptaan identitas yang terintegrasi di berbagai aspek akan menciptakan presepsi yang kuat dan menjadi modal utama dalam mempromosikan daerah tersebut. Penelitian ini memetakan dan memaparkan variable-variabel destination branding yang dimiliki oleh Kepulauan Seribu, yang dapat menjadi dasar untuk ke depannya dapat menciptakan destination branding Kepulauan Seribu.

Abstract: With the increase in the tourism industry today, there is competition between tourist destinations to attract as many tourist as possible which is done by increasing its attractiveness for visitors. The basic concept of destination branding is to offer these tourist destinations have identities that are different from other places. Identity creation that is integrated in various aspects will create a strong perception and become the main capital in promoting the area. This research maps and describes the destination branding variables of the Thousand Islands, which can be the basis for the future to be able to create the destination branding of the Thousand Islands.

Keynote: , , .

Published

2021-07-10

How to Cite

Gardjito, A. (2021). PEMETAAN DESTINATION BRANDING KEPULAUAN SERIBU. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 6(2), 197–213. https://doi.org/10.36806/.v6i2.100