Representasi Brand Activation Ruangguru Periode 2018 – 2019

Authors

  • Dita Rachma Sari Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa IKJ
  • Shuri Mariasih Gietty Tambunan Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36806/.v8i1.82

Keywords:

Brand Activation, Bimbel Online, Representasi

Abstract

Ruangguru merilis platform edukasi yang menarik perhatian dan mengubah budaya belajar siswa di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan metode pembelajaran secara digital sehingga dapat menciptakan ruang belajar digital baru bagi masyarakat urban milenial. Hasil representasi dari brand activation Ruangguru dan posisi yang muncul setelah refleksi dari brand activation akan dianalisis lebih lanjut dalam penelitian ini. Penggunaan Instagram sebagai media promosi untuk masyarakat urban milenial dapat mencapai lima aktivasi yang terdiri dari aktivasi pemasaran langsung (direct marketing activation), aktivasi media sosial (social media activation), aktivasi promosi (promotion activation), aktivasi pemasaran acara (event marketing activation), dan aktivasi sponsor (sponsorship activation). Selama 2018–2019, Ruangguru berhasil mengkonstruksi brand dalam benak konsumen sebagai bimbel online melalui teknologi digital yang memiliki fleksibilitas dan aksesibilitas, trendy dan hip! pembelajaran personal dan mandiri. Namun, semuanya memunculkan kontradiksi yang pada gilirannya membangun eksklusivitas, kapitalis, dan kebebasan semu.

Published

2021-07-02

How to Cite

Sari, D. R., & Gietty Tambunan, S. M. (2021). Representasi Brand Activation Ruangguru Periode 2018 – 2019. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 8(1), 38–65. https://doi.org/10.36806/.v8i1.82