Eksplorasi Kayu Strip Menggunakan Teknik Laminasi dan Bending

Authors

  • Zamilia Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta
  • Ista Rizki Kriya Kayu, Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36806/.v9i1.81

Keywords:

Bending, Laminasi, Kayu Strip, Lamination, Strip Wood

Abstract

Abstrak: Artikel ini membahas mengenai penelitian dan eksperimen, bagaimana pengolahan material kayu strip dilakukan, sehingga dapat menjadi sebuah bidang lengkung, dan dijadikan produk kriya interior. Tujuan penelitian dari penggunaan teknik laminasi dan bending pada material kayu strip menjadi produk kayu adalah untuk menambah pengetahuan tentang cara menggunakan teknik laminasi dan bending pada potongan kayu strip sehingga teknik yang digunakan tepat guna dan barang yang dihasilkan memiliki nilai estetik. Target yang akan dicapai dari penelitian ini adalah tutorial cara menggunakan teknik laminasi dan bending pada kayu strip dan penciptaan karya produk dari kedua teknik di atas. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan cara: studi pustaka, observasi, wawancara, dokumentasi foto, eksperimen teknik dan alat, serta eksplorasi material.

Abstract: This article deals with research and experimentation, how the processing of strip materials so it can become a curved field, and be an interior product of kriya. The purpose of the research objectives of the use of laminating and bending Techniques on wood materials or into wood products are to increase knowledge about how to use lamination and bending techniques on strips of wood so that the techniques used are appropriate and the products have aesthetic value. The target to be achieved from this research is a tutorial on how to use lamination and bending techniques on wood strips and the creation of product works from the two techniques above. To achieve the research objectives, the method to be used is a qualitative method by; literature studies, observations, interviews,p hoto documentation, technical and tool experiments, and material exploration.

Published

2021-07-02

How to Cite

Zamilia, & Rizki, I. (2021). Eksplorasi Kayu Strip Menggunakan Teknik Laminasi dan Bending. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 9(1), 80–101. https://doi.org/10.36806/.v9i1.81