Pemaknaan Garuda Pancasila melalui T-shirt “Hiduplah Indonesia Raya”

Authors

  • Rasuardie Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36806/.v5i1.37

Keywords:

Anak muda, Garuda Pancasila, identitas, kebudayaan populer, T-shirt, youths, identity, popular culture

Abstract

Abstrak: Kebudayaan Populer sangat dinamis sehingga mampu memberikan anak muda ruang untuk berekspresi dan berapresiasi tentang hal-hal baru, tak terkecuali dalam memproduksi identitas, termasuk di dalamnya memproduksi identitas nasionalismenya. Garuda Pancasila sebagai lambang negara yang dilindungi oleh undang-undang dan aturan pemerintah dipertarungkan dengan ide-ide anak muda yang butuh mengekspresikan identitas nasionalismenya. Garuda Pancasila dimaknai ulang sesuai dengan kebutuhan mereka akan identitas nasionalisme melalui tema-tema kebudayaan populer anak muda. Makna baru Garuda Pancasila ini mungkin beredar di sekitar dunia mereka saja tetapi tidak menutup kemungkinan bisa diterima dan diapresiasi secara baik oleh masyarakat luas. Penelitian yang dilakukan melalui metode kualitatif deskriptif dengan obyek penelitian adalah t-shirt yang diproduksi oleh kolektif “Hiduplah Indonesia Raya”, sebuah kolektif anak muda yang bergerak dari kecintaannya terhadap Indonesia yang kemudian berani memproduksi identitas ke-Indonesiaan-nya melalui pemaknaan baru terhadap Garuda Pancasila melalui media t-shirt bergrafis. Penelitian ini bermaksud menguraikan ide-ide yang melatarbelakangi anak muda Indonesia dalam memproduksi identitas keIndonesiaannya melalui pemaknaan ulang Garuda Pancasila dan upaya yang dilakukan oleh mereka dalam mendistribusikan ‘ide’ identitas Indonesia kontemporer untuk tetap menjaga rasa dan jiwa nasionalisme dikalangan mereka sendiri juga masyarakat di sekitar mereka. Penelitian ini menemukan bahwa anak muda Indonesia dengan semangat kecintaan akan tanah air dan kebutuhannya akan identitas terkini melalui media popular t-shirt mampu menjadi sebuah media ekspresi yang menyebar dan diterima secara positif bahkan didukung oleh lingkungan sekitarnya.

 

Abstract: Popular culture is so dynamic that it has the ability to provide space for the youths to show their expression and appreciation on new things, including in producing identity, i.e. identity of their nationalism. Garuda Pancasila as the state’s symbol protected by the law and government regulations is challenged by the ideas coming from the youths who need to express their identity of nationalism. Garuda Pancasila is redefined according to their needs on their identity of nationalism through the themes of the popular culture of the youths. New meaning of Garuda Pancasila is probably only known among the youths and their world but it has actually the possibility to be well accepted and appreciated by wider community. This research uses descriptive qualitative method with t-shirt that is produced by a community named “Hiduplah Indonesia Raya”, a youth community that is moved by their love for Indonesia. This community is courageously enough to produce their Indonesian identity by means of giving a new meaning to Garuda Pancasila in t-shirts with graphic designs. This research is to break down ideas that have moved the youths to produce their Indonesian identity through redefinition of Garuda Pancasila and their efforts in spreading the idea of contemporary Indonesian identity to maintain the sense and spirit of nationalism among the youths themselves along with those surrounding them. This research reveals that Indonesian youths with their love for their country and their need of an updated identity using popular media such as t-shirt are able to turn t-shirt into a medium of expression that positively accepted and even supported by the surroundings.

Published

2021-07-02

How to Cite

Rasuardie. (2021). Pemaknaan Garuda Pancasila melalui T-shirt “Hiduplah Indonesia Raya”. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 5(1), 59–75. https://doi.org/10.36806/.v5i1.37