TRANSFORMASI VISUAL FASAD WARUNG TEGAL DI JAKARTA

Authors

  • Rohadi Sekolah Tinggi Desain Interstudi

DOI:

https://doi.org/10.36806/.v6i2.94

Keywords:

warung Tegal, visual, stuktur, fasad, Tegal stalls,, visuals, structures, facades

Abstract

Abstrak: Warung Tegal di kota Jakarta dan di Tegal saat ini bertransfomasi dengan pesat. Ada beberapa hal yang berubah pada warung Tegal dari waktu ke waktu, misalnya tampilan visual dan menu yang dihadirkan menjadi lebih lengkap dengan harga yang tetap terjangkau. Dari segi visual bagunannya, warung Tegal memiliki keunikan tersendiri yang tidak bisa dilepaskan dari bentuk fasad dan struktur bangunannya. Selain itu, berdasarkan analisis data yang dilakukan, tampilan fasad dan struktur bangunan itu ternyata memiliki banyak makna yang dapat digali tentang kehidupan orang Tegal, baik terhadap kehidupan orang-orang Tegal yang tinggal di daerah Tegal sendiri maupun yang tinggal di Jakarta. Lebih lanjut, dapat dinyatakan bahwa tampilan fasad dan stuktur (visual) warung Tegal sejatinya mengandung nilai-nilai sejarah, filosofi, dan sosial budaya masyarakat Tegal.

Abstract: Warung Tegal in the city of Jakarta and in Tegal is currently transforming rapidly. There are a number of things that have changed at Tegal stalls from time to time, for example the visual display and menu presented become more complete with prices that are still affordable. In terms of visual buildings, Tegal stalls have their own uniqueness that cannot be separated from the shape of the facade and the structure of the building. In addition, based on the data analysis carried out, the appearance of the facade and structure of the building turned out to have many meanings that could be explored about the lives of the Tegal people, both for the lives of the Tegal people who lived in the Tegal area themselves and those who lived in Jakarta. Furthermore, it can be stated that the appearance of the facade and structure (visual) of the Tegal warung actually contains the historical, philosophical and socio-cultural values of the Tegal people.

Published

2021-07-10

How to Cite

Rohadi. (2021). TRANSFORMASI VISUAL FASAD WARUNG TEGAL DI JAKARTA. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 6(2), 141–147. https://doi.org/10.36806/.v6i2.94