Representasi Budaya Indonesia Pada Iklan Animasi Studi Kasus Iklan: Sasa Anime Series X Harousel - Sasa Hadirkan Rasa Untuk Indonesia

Authors

  • isworo ramadhani Fakultas Seni Rupa & Desain IKJ

DOI:

https://doi.org/10.36806/jsrw.v13i1.641

Keywords:

Representasi Budaya, iklan animasi, kuliner indonesia, anime, sasa series

Abstract

Penelitian ini menganalisis representasi budaya Indonesia dalam iklan Sasa Anime Series x Harousel – Sasa Hadirkan Rasa untuk Indonesia, dengan fokus pada penggunaan elemen visual bergaya anime yang dikombinasikan dengan simbol-simbol lokal. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana content, context, dan medium bekerja secara sinergis dalam membangun narasi yang menghubungkan budaya lokal dengan budaya populer global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen visual seperti makanan khas Indonesia dan nilai kekeluargaan menjadi pusat konten iklan, yang disajikan dengan estetika visual anime untuk menarik perhatian generasi milenial. Konteks nostalgia terhadap pengalaman masa kecil menonton anime memperkuat hubungan emosional audiens dengan merek. Sementara itu, penggunaan medium digital seperti YouTube dan media sosial memungkinkan distribusi konten yang luas dan relevan. Iklan ini tidak hanya berhasil memperkuat citra merek Sasa sebagai produk kuliner lokal yang inovatif, tetapi juga menunjukkan bagaimana hibridisasi budaya dapat menjadi alat untuk mempromosikan identitas nasional dalam era globalisasi. Pendekatan ini menegaskan peran iklan animasi sebagai media yang efektif dalam membangun soft power dan diplomasi budaya.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

ramadhani, isworo. (2025). Representasi Budaya Indonesia Pada Iklan Animasi Studi Kasus Iklan: Sasa Anime Series X Harousel - Sasa Hadirkan Rasa Untuk Indonesia. Jurnal Senirupa Warna, 13(1), 42–55. https://doi.org/10.36806/jsrw.v13i1.641