nterpretasi Ikonologis Matahari Affandi dalam "Affandi dan Tujuh Matahari" dan "Hampir Terbenam"

Authors

  • Stanislaus Yangni Institut Seni Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36806/.v4i2.62

Keywords:

Matahari, Affandi, Simbol, Ekspresionisme, Ikonologi

Abstract

Interpretasi Ikonologis Matahari Affandi dalam "Affandi dan Tujuh Matahari" dan "Hampir Terbenam". Tulisan ini merupakan hasil penelitian atas dua lukisan Affandi, yaitu Affandi dan Tujuh Matahari (1950), dan Hampir Terbenam (1983). Hal yang menarik adalah kedudukan matahari dalam lukisan Affandi. Sselain menjadi obyek umum yang terdapat dalam lukisan-lukisan Affandi, matahari telah bertranformasi menjadi simbol dalam diri Affandi. Penelitian ini menggunakan pendekatan ikonologis dari Erwin Panofsky, yaitu metode untuk mengurai dua lukisan Affandi, yang terdiri dari deskripsi pre-ikonografis, analisis ikonografis, dan interpretasi ikonologis. Dalam penelitian ini, kita akan menemukan keterbatasan pendekatan Panofsky untuk gaya lukisan ekspresionis Affandi.

Published

2021-07-02

How to Cite

Yangni, S. . (2021). nterpretasi Ikonologis Matahari Affandi dalam "Affandi dan Tujuh Matahari" dan "Hampir Terbenam". Jurnal Senirupa Warna, 4(2), 157–171. https://doi.org/10.36806/.v4i2.62