Visual Brand PT. Allianz Indonesia pada Bauran Media Promosi Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Asuransi Jiwa
DOI:
https://doi.org/10.36806/.v5i2.57Keywords:
strategi, komunikasi, pemasaran, visualbranding, strategy, marekting, communication, visual barandingAbstract
Abstrak: Citra visual brand sangat penting digunakan sebagai bagian dari strategi komunikasi pemasaran suatu produk. Melalui komunikasi pemasaran berupa bauran media promosi, visual brand suatu produk/jasa dapat mendekatkan dirinya sekaligus menanamkan kekuatannya pada masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji visual brand yang diterapkan oleh perusahaan asuransi PT. Allianz Indonesia dalam strategi komunikasi pemasaran produk asuransi jiwa melalui bauran media promosi. Konsep visual brand pada bauran media promosi ini perlu dikaji, karena PT. Allianz Indonesia terlihat cukup konsisten menjaga identitas karakter citra produk pada media promosi sebagai strategi komunikasi pemasaran produk, khususnya produk asuransi jiwa yang dinobatkan sebagai produk asuransi jiwa terbaik. Untuk mengkaji lebih jauh visual brand pada bauran media promosi, diambil sampel pada media elektronik berupa iklan televisi, media cetak lini bawah termasuk brosur, billboard, baliho dan media baru berupa situs web. Hasil penelitian ini adalah PT. Allianz menggunakan visual identitas perusahaan berupa logo, turunan warna korporat dan citra brand sebagai partner dalam hidup di berbagai lini untuk aktivitas yang berhubungan dengan kesehatan, jiwa dan hidup sehat, termasuk olahraga. Konsistensi visual identitas perusahaan ini menciptakan brand awareness yang kuat di benak masyarakat. Dengan visual brand yang kuat PT. Allianz Indonesia mampu bersaing dengan perusahaan asuransi lainnya.
Abstract: Brand visual image is very important as part of marketing communication strategy of a product. Process of marketing communications, media promotion mix, visual design of a product / service will draw the product closer to the target market and plant the images of the brand in the audiences mind. The purpose of this study is to examine the visual brand applied by the insurance company PT. Allianz Indonesia in marketing communication strategy of life insurance product through media promotion mix. The visual concept of the brand in this media promotion mix needs to be studied, because PT. Allianz Indonesia looks quite consistent in maintaining the identity of the product image character in the media campaign as a marketing communication strategy of the product, especially life insurance products that have been named the best life insurance products. To further examine the visual brand in media promotion mix, samples taken in electronic media in the form of television advertisement, print media of down line including brochure, billboard and new media in the form of website. PT. Allianz uses visual corporate identity in the form of logos, corporate color derivatives and brand image that positioned Allianz Indonesia as “partners in life” in all life activities related to health, soul and healthy living, including sports. The visual consistency of this corporate identity creates a strong brand awareness in the minds of people. With a strong visual brand PT. Allianz Indonesia is able to compete with other insurance companies.