Catatan Soal Yang Lalu Untuk Esok
Tinjauan Acara International Council of Museums– Conservation Committee Trienalle Symposium 2017
DOI:
https://doi.org/10.36806/.v5i2.50Keywords:
konservasi dan restorasi seni, perawatan koleksi, etika, keberlanjutan, tekonologi, museum, art conservation and restoration, care collection, ethics, sustainability, technologyAbstract
Abstrak: Helatan konferensi International Council of Museums – Conservation Committee (ICOM-CC) yang diselenggarakan pada bulan September 2017 dengan tajuk Linking Past and Future merupakan buah hasil inkubasi yang menaungi 21 kelompok kerja yang memiliki fokus mulai dari permasalahan legal hingga sains dan isu teknis seputar bidang konservasi warisan budaya dan karya seni. Pada kesempatan ini, 21 kelompok kerja naungan ICOMCC mempresentasikan penelitian, temuan, dan pertanyaan-pertanyaan seputar kebijakan etika, teknologi, dan distribusi pengetahuan dalam bidangnya. ICOM-CC berusaha untuk memetakan isu keprofesian konservator melalui kacamata global yang secara garis besar tertuang ke dalam sesi presentasi pararel dan poster dengan jumlah 274 materi bahasan. Tulisan ini meliput beberapa presentasi riset dan meninjaunya melalui aspek kebijakan etis, sains dan teknologi, akses dan edukasi, serta aspek keberlanjutan yang terkandung di dalam konferensi tiga tahunan ini.
Abstract: The conference of the International Council of Museums - The Conservation Committee (ICOM-CC) held in September 2017 with the theme Linking Past and Future is the result of an incubation that houses 21 working groups that focus on legal issues to science and technical issues surrounding areas of cultural heritage conservation and artwork. At this stage, 21 ICOM-CC shading work groups present research, findings, and questions about ethical policy, technology, and knowledge distribution in their fields. ICOM-CC seeks to to map conservator profession issues through different global perspectives in several parallel presentation sessions and posters with a total of 274 subjects. This paper covers several research presentations and reviews them through ethical, scientific and technological aspects, access and education, as well as the aspects contained in this three-stage building.