Iklan Layanan Masyarakat Pertamina di Televisi: Representasi Budaya Lokal Indonesia

Authors

  • Ananda Dianti Bina Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.36806/.v5i2.45

Keywords:

iklan, budaya, matrilineal, advertising, culture

Abstract

Abstrak: Iklan televisi merupakan salah satu media yang paling efektif untuk mempromosikan suatu produk. Promosi dilakukan oleh produsen melalui iklan dengan berbagai cara, ada yang persuasif dengan terang-terangan, dan ada pula yang terselubung. Pemirsa iklan televisi pun bisa menafsirkan iklan dengan berbagai cara tergantung dari latar belakangnya masing-masing. Akibatnya, iklan televisi bisa menimbulkan efek yang berbeda bagi setiap individu yang menontonnya. Di antara sekian banyak metode periklanan, ada iklan televisi yang memakai pendekatan budaya lokal yang mudah dikenali, diakrabi dan dianggap natural oleh pemirsanya.

 

Abstract: Television advertising is one of the most effective media to promote a product. Promotion is done in various ways, some advertisements do it in openly persuasive, and some do it in hidden strategy. Viewers can interpret television advertising in various ways. It depends on their respective backgrounds. As a result, television advertising had many different impacts regarding the viewers. Among the methods of advertising, there are television advertisements that use local cultural approach that is easily recognizable, familiar and considered natural by viewers. 

Published

2021-07-02

How to Cite

Dianti, A. . (2021). Iklan Layanan Masyarakat Pertamina di Televisi: Representasi Budaya Lokal Indonesia. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 5(2), 113–119. https://doi.org/10.36806/.v5i2.45