Studi Skema Warna Berdasarkan Lokal Konten Budaya Kota

Authors

  • Jonata Witabora Universitas Pelita Harapan
  • Kadek Satria Adidharma Universitas Bina Nusantara
  • Meilani Universitas Bina Nusantara
  • Anastasia Ari Respat Universitas Bina Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.36806/.v5i1.40

Keywords:

warna, budaya lokal, desain, colour, local culture, design

Abstract

Abstrak: Desain Komunikasi Visual merupakan ilmu yang terus bertumbuh. Ia bergeliat dan berinteraksi dengan disiplin lain untuk merespons zaman yang terus berubah, yang kemudian memberi bentuk baru. Kebaruan menjadi sesuatu yang tak terhindari. Ia telah menjadi bagian dari globalisasi yang tak terbendung. Hal ini perlu disikapi dengan cermat, agar ilmu tersebut tidak memangkas budaya yang sudah ada. Ia perlu diseimbangi agar menjadi kaya dan tumbuh berkembang bersama dengan budaya yang sudah ada. Kebudayaan tidak lagi hanya diwakili oleh tradisi atau seni-seni klasik. Agar ia dapat terus hidup, ia harus berubah, membentuk pemaknaan baru yang segar dalam rangkaian budaya lokal sebagai kantong- kantong kecil yang pada akhirnya melestarikan dan memperkuat karakter budaya itu sendiri yang lekang oleh zaman. Penelitian ini diharapkan mampu menyumbang keilmuan baru dalam bidang pembelajaran warna yang terkait dengan kekuatan budaya lokal, yang membangun keilmuan desain itu sendiri sehingga pada akhirnya, dalam jangka waktu yang panjang diharapkan mendorong terbentuknya artefak-artefak desain yang memiliki karakter dan ciri kebudayaan yang kuat.

Abstract: Visual Communication Design is a growing discipline. It keeps on working and interacting with other discipline in order to respond the ever-changing era and it finally create a new form. Novelty has become something unavoidable. It has become part of the unstoppable globalization. This needs to be addressed cautiously so that this discipline will not put the existing culture at risk. Culture is not only represented by tradition or classical arts. In order to survive, it needs to change, to form a fresh, new meaning in the framework of local culture as small enclaves that finally will preserve and strengthen the character of the culture itself, which is always relevant to the era. This research is expected to contribute to new discipline in colour learning relating to the power of local culture that in turn will develop the discipline of design itself, and at the end of the day, in the long run, will encourage the creation of design artefacts with strong cultural character and characteristic.

Published

2021-07-02

How to Cite

Witabora, J. ., Satria Adidharma, K. ., Meilani, & Ari Respat, A. (2021). Studi Skema Warna Berdasarkan Lokal Konten Budaya Kota. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 5(1), 85–93. https://doi.org/10.36806/.v5i1.40