PROSES DIGITAL IMAGING IKLAN CETAK INDONESIA

Authors

  • Saut Irianto Manik Fakultas Seni Rupa - Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36806/.v6i1.39

Keywords:

rekayasa visual, iklan cetak, crafting, digital imaging, Image manipulation, print ad

Abstract

Abstrak: Rekayasa visual telah berkembang cepat dalam iklan cetak. Berbeda dengan era 1980-an hingga 1990-an yang masih menggunakan pola kerja produksi dengan tehnik manual, meliputi tehnik semprot Air Brush, Cutting kolase, double expose foto dan lainnya, saat ini proses kerja rekayasa visual telah menjadi pola kerja digital atau dikenal dengan digital imaging. Media cetak saat ini hadir dengan pengolahan digital imaging berbagai elemen huruf, gambar, foto, aksen bentuk, maupun gaya pewarnaan yang menciptakan berbagai gaya dinamis, imajinatif, dengan sentuhan teknologi. Penelitian ini memperlihatkan bahwa secara umum bentuk dan pola kerja keahlian ini meliputi ketrampilan menggunakan perangkat komputer grafis, kemampuan fotografi, dan kemampuan membuat konsep kreatif visual sesuai obyektivitas sebuah iklan. Penelitian ini juga menemukan bahwa dalam lingkup kerja industri iklan, crafting di dalam kerja visualisasi dengan proses digitalisasi menciptakan standar tertentu pada hasil akhir digital imaging, seperti kualitas gambar yang memerlukan keahlian manajemen file terhadap gambar, wajib menjadi perhatian khusus dalam proses perancangan, dari awal persiapan, proses digital imaging dan output dari visual.

 

Abstract: Image manipulation has developed rapidly in print advertising. Unlike the 80s to 90s, which still uses manual production techniques, include air brush spray techniques, cutting collages, double exposure photos and others, work processes of visual manipulationin the advertising industry today, has become a digital work pattern, known as digital imaging. Today’s print media comes with digital imaging processing various elements of letters, images or illustrations, photographs, shape accents, and coloring styles that create a variety of dynamic, imaginative, and feels a touch of technology.This study shows that in general the forms and patterns of work of this expertise include skills in using computer graphics devices, photographic abilities, and the ability to create creative visual concepts according to the objectivity of an advertisement. This study also found that in the advertising industry’s scope of work, Crafting in the work of visualization with the digitization process creates certain standards on digital imaging results, such as image quality that requires file management expertise for images, must be of particular concern in the design process, from the beginning of preparation, digital imaging processes and visual output.

Published

2021-07-10

How to Cite

Manik, S. I. . (2021). PROSES DIGITAL IMAGING IKLAN CETAK INDONESIA. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 6(1). https://doi.org/10.36806/.v6i1.39