Identitas Visual dan Aplikasi Ragam Hias Toraja dalam Desain Interior "Café Tator"

Authors

  • Lily Wijayanti Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36806/.v4i1.27

Keywords:

visual identity, sacred-profane, reinterpretation, application of ornaments, identitas visual, sakral-profan, aplikasi ragam hias

Abstract

Fokus penelitian ini adalah bagaimana identitas visual ragam hias digunakan dalam interior Cafe Tator di Grand Indonesia, Jakarta, dengan memanfaatkan sensibilitas etnik Toraja sebagai suatu perwujudan bentuk desain ke dalam fungsi ruang komersial. Penerapan ragam hias di sini tidak lagi mengacu kepada makna simbolis ragam hias yang sakral, akan tetapi lebih mengacu ke dalam fungsi modern yang bermakna profan. Konsep desain di sini merupakan interpretasi modern yang mewakili bentuk ragam hias tradisional, namun diolah kembali menggunakan material dan dimensi baru tanpa menghilangkan karakteristik visualnya. Prinsip-prinsip dasar tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu pembentuk brand image sebuah kedai kopi khusus dari Tana Toraja yaitu "Cafe Tator". Tampilan visual unsur budaya Toraja dapat memperkuat nilai jual sebagai salah satu bentuk upaya dalam mengembangkan citra positif di benak konsumen sebagai kebutuhan masa kini, yaitu sebuah identitas lokal yang juga menjadi bagian dari gaya hidup atau 'life style' masyarakat urban.

Published

2021-07-02

How to Cite

Wijayanti, L. . (2021). Identitas Visual dan Aplikasi Ragam Hias Toraja dalam Desain Interior "Café Tator". Jurnal Senirupa Warna, 4(1), 63–75. https://doi.org/10.36806/.v4i1.27