RANCANG VIDEO KONTEN PENGENALAN OBJEK PARIWISATA MUSEUM DI INDONESIA (PROTOTIPE: DKI JAKARTA) DENGAN KARAKTER ANIMASI 3D
DOI:
https://doi.org/10.36806/jsrw.v12i1.208Keywords:
museum, konten edukasi, animasi 3DAbstract
Museum merupakan obyek wisata yang selain bersifat menghibur juga memiliki fungsi edukatif, dan dapat ditemui hampir tiap provinsi di Indonesia. Masyarakat masih banyak yang menganggap bahwa museum merupakan fasilitas yang membosankan, sehingga diperlukan media untuk mempromosikan museum dengan cara kreatif untuk target audiens anak-anak sebagai pengunjung potensial. Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa sangat familiar dengan gawai untuk bisa menikmati hiburan, namun seringkali video yang dikonsumsi kurang memiliki nilai edukatif. Karena itu, penulis ingin merancang konten video serial edukatif yang mengenalkan objek pariwisata dan museum di Indonesia dengan virtual guide maskot 3D. Tujuannya adalah menghasilkan video serial pengenalan objek pariwisata dan museum, dengan DKI Jakarta sebagai wilayah prototipe karena memiliki jumlah museum terbanyak. Proses perancangan video serial ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Nilai kebaruan yang ditawarkan dari rancangan ini adalah penggabungan teknik real shot dan animasi 3D dalam konten video serial. Hasil penelitian diharap dapat menjadi alternatif tontonan edukatif bagi anak-anak.