STRATEGI KAMPANYE KOMERSIAL MCDONALD’S DALAM KEMASAN BTS MEAL
DOI:
https://doi.org/10.36806/.v10i1.143Keywords:
desain kemasan BTS Meal McDonald’s, kampanye komersil, komunikasi visualAbstract
Korean wave atau gelombang Korea dimulai dari munculnya penggemar K-Pop yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di negara Indonesia. Pertunjukkan boy band maupun girl band dari negara gingseng dengan mudah diakses pada platform digital maupun tv Indonesia. Diantara group ande yang berasal dari Korea Selatan adalah BTS (Bangtan Sonyeodan) atau Bangtan Boys yang tengah andemi di dunia pertunjukan ande dunia, termasuk Indonesia. Perusahaan waralaba McDonald’s melihat peluang untuk meluncurkan produk BTS meal yaitu kolaborasi McDonald’s bersama BTS. Strategi kampanye Komersial produk McDonald’s – BTS Meal hadir pada 9 Juni 2021 lalu. Melalui penggemar setia BTS, kesempatan ini digunakan oleh McDonalds untuk menaikkan omzet penjualan. Army merupakan target market yang disasar oleh McDonald melalui BTS meal. BTS meal adalah makanan cepat saji yang dihadirkan dengan sentuhan khusus baik secara rasa maupun kemasannya. McDonald’s – BTS bekerjasama melalui desain kemasan yang bersifat terbatas (limited editions) menampilkan para personil BTS dan menjadi barang koleksi bagi Army (fans BTS) di Indonesia. Perkembangan strategi pemasaran semakin beragam, sehingga menghadirkan ide-ide yang menarik minat konsumen. Strategi pemasaran menjadi fokus penelitian dengan pendekatan desain kemasan dan komunikasi visual. Desain grafis, sebagai strategi komunikasi atau rangkaian pesan visual yang disusun secara terencana dan bersifat komersil. Produk makanan cepat saji BTS meal adalah salah satu cara McDonald’s memanfaatkan pesan visual melalui kemasan untuk mempengaruhi konsumen dalam membeli produk makanannya dimasa andemic ini.