Pengaruh Digitalisasi Terhadap Kolektif Seni Grafis “Huru Hara”

Authors

  • Rizziq Ramadhan Dudi Muhammad ISBI Bandung
  • Agus Cahyana Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Kesenian Jakarta
  • Martien Roos Nagara
  • Asep Miftahul Falah

DOI:

https://doi.org/10.36806/jsrw.v12i2.228

Keywords:

Digitalisasi, Kolektif Seni, Seni Grafis

Abstract

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai identitas dan eksistensi pada kolektif Seni Rupa yang memiliki fokus terhadap medium Seni Grafis di era yang segalanya sudah serba canggih. Era teknologi atau yang sering kita dengar dengan nama lain era digital. Kini, sudah merambah kedalam segala aspek, baik itu smartphone, komputer, informasi, pendidikan, ekonomi. Namun, dikesempatan kali ini penelitian akan memfokuskan pembahasan terkait pandangan para penggiat seni grafis khususnya yang berkolektif atas dampak dan pengaruh digitalisasi, dengan adanya digitalisasi seperti saat ini apakah memberikan keuntungan dan peluang untuk mereka atau malah sebaliknya. Karena pada dasarnya seni grafis ini selain untuk membuat karya seni juga memiliki banyak tujuannya. Contohnya; membuat poster, periklanan, majalah, surat kabar dan media cetak lainnya untuk memvisualkan sebuah berita dan informasi yang dicetak secara manua. Oleh karena itu, dalam upaya mendalami pandangan mereka, studi ini akan memakai metode penelitian kualitatif wawancara dengan anggota kolektif seni Grafis Huru Hara. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang peran digitalisasi dalam dunia seni grafis.

Kata Kunci: Seni Grafis, Digitalisasi, Kolektif Seni

Abstract

This study aims to explore the identity and existence of a Fine Art collective that focuses on the medium of Graphic Arts in an era where everything is sophisticated. The era of technology or what we often hear by another name is the digital era. Now, it has penetrated into all aspects, be it smartphones, computers, information, education, economy. However, on this occasion the research will focus on the discussion related to the views of graphic arts activists, especially those who collectively on the impact and influence of digitalization, with the existence of digitalization as it is today whether it provides benefits and opportunities for them or vice versa. Because basically this graphic art in addition to making art also has many purposes. For example; making posters, advertising, magazines, newspapers and other print media to visualize news and information that is printed manually. Therefore, in an effort to explore their views, this study will use a qualitative research method of interviews with members of the Huru Hara Graphic Arts Collective. The results of this study are expected to provide a deeper insight into the role of digitization in the world of graphic arts.

Keywords: Graphic Art, Digitalization, Art Collective

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Dudi Muhammad, R. R., Cahyana, A. ., Nagara, M. R. ., & Falah, A. M. . (2024). Pengaruh Digitalisasi Terhadap Kolektif Seni Grafis “Huru Hara”. Jurnal Senirupa Warna, 12(2), 158–167. https://doi.org/10.36806/jsrw.v12i2.228