Etika Penggunaan Artificial Intelligence dalam Iklan Politik

Studi Kasus Kampanye Menggunakan Presiden Soeharto Versi AI

Authors

  • SUBADI SUBADI INSTITUT KESENIAN JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.36806/jsrw.v12i2.217

Keywords:

Artificial Intelligence, Etika, Video, Presiden Soeharto

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada etika penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam kampanye politik, dengan studi kasus penggunaan profil mantan presiden Indonesia, Soeharto. Penelitian ini bertujuan menjelaskan dampak penggunaan AI dalam konteks politik, termasuk masalah hak cipta dan pengaruhnya terhadap opini publik serta mempertimbangkan perspektif etis dalam menggunakan sosok kontroversial dalam kampanye politik menggunakan AI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi digital terhadap data yang relevan, termasuk literatur tentang etika penggunaan AI dan studi kasus kampanye politik penggunaan video AI Soeharto. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang implikasi etis penggunaan AI dalam konteks politik. Selain itu, juga untuk memberikan rekomendasi serta pedoman bagi penyelenggara kampanye politik, pengembang AI, serta pihak terkait lainnya dalam menggunakan AI secara etis dalam proses politik. Penelitian ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya etika dalam mengembangkan dan menerapkan teknologi AI dalam berbagai konteks sosial.

 

Kata kunci: Artificial Intelligence, Etika, Video, Presiden Soeharto

 

Abstract

This research focuses on the ethics of using Artificial Intelligence (AI) in political campaigns, with a case study of the use of an AI version of Soeharto, the former president of Indonesia. This research aims to explain the impact of using AI in a political context, including copyright issues and its influence on public opinion, as well as consider the ethical perspective of using a controversial figure such as Soeharto in a political campaign using AI. The method used in this research is a digital ethnography qualitative method of relevant data, including literature on the ethical use of AI and a case study of a political campaign using Soeharto's AI video. The results of this research are expected to provide a better understanding of the ethical implications of using AI in a political context and provide recommendations and guidelines for political campaign organisers, AI developers, and other related parties in using AI ethically in the political process. In addition, this research is also expected to raise awareness for the importance of ethics in developing and applying AI technology in various social contexts.

 

Keywords: Artificial Intelligence, Ethics, Video, President Soeharto

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

SUBADI, S. (2024). Etika Penggunaan Artificial Intelligence dalam Iklan Politik: Studi Kasus Kampanye Menggunakan Presiden Soeharto Versi AI. Jurnal Senirupa Warna, 12(2), 88–101. https://doi.org/10.36806/jsrw.v12i2.217