Analisis Persepsi Warna pada Kemasan Produk Kecantikan Emina

Authors

  • Cerita Prameswary Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mohamad Irfan Hidayat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Maya Purnama Sari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36806/jsrw.v12i2.176

Keywords:

Persepsi, warna, kemasan

Abstract

Abstrak 

Kemasan menjadi bagian yang terpenting dalam sebuah produk dan pemasarannya karena berperan sebagai aspek tampilan visual yang memberikan kesan pertama pada saat akan membeli sebuah produk. Seiring dengan perubahan zaman dan gaya hidup, kemasan beralih fungsi yang awal mulanya hanya sebagai pelindung suatu produk menjadi bahan jual suatu produk. Suatu kemasan harus relevan dengan target audiensnya, dalam hal ini efek warna dalam sebuah kemasan sangat berpengaruh terhadap persepsi orang yang melihatnya. Pemilihan warna yang tepat memiliki pengaruh yang sangat besar untuk menciptakan kemasan produk yang menarik. Efek psikologis yang dihasilkan setiap warna berbeda-beda dimana tiap tiap warna dapat menggambarkan suasana hati dan mempengaruhi emosi seseorang,  oleh karena itu para desainer  harus bisa memilih  serta menyesuaikan  pemilihan warna yang cocok pada desain dengan kombinasi yang tepat. Emina merupakan produk kecantikan untuk gadis remaja dengan kemasan yang dominan berwarna merah muda. Penelitian ini menggunakan metode narrative review yang mengkaji dan meringkas literatur yang sebelumnya telah diterbitkan. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji bagaimana warna pada desain produk kecantikan Emina dapat mempengaruhi persepsi konsumen. 

Kata Kunci: Persepsi; Warna; Produk; Kemasan

 

Abstract 

Packaging is the most important part of a product and its marketing because it acts as an aspect of the visual appearance that gives the first impression when buying a product. Along with the changing times and lifestyles, packaging has changed its function, which was originally only to protect a product, to become a material for selling a product. A packaging must be relevant to the target audience, in this case the effect of color in a package is very influential on the perception of people who see it. Choosing the right color has a huge influence on creating attractive product packaging. Each color has a different psychological effect that can describe one's mood and affect one's emotions, so designers can choose and adjust the color selection in the design with the right combination. Emina is a beauty product for teenage girls with predominant pink packaging. This study uses the narrative review method which examines and summarizes previously published literature. The purpose of this study is to examine how the colors in Emina's beauty product designs can affect consumer perceptions.

Keywords: Perception; Color; Product; Packaging

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Cerita Prameswary, Mohamad Irfan Hidayat, & Maya Purnama Sari. (2024). Analisis Persepsi Warna pada Kemasan Produk Kecantikan Emina. Jurnal Senirupa Warna, 12(2), 78–87. https://doi.org/10.36806/jsrw.v12i2.176